Tag Archives: magetan

Ini Yang dirasakan Pengrajin Kulit di Magetan di Tahun 2018

JALAN Sawo, Selosari Magetan, Jawa Timur merupakan tempat produk kerajinan kulit yang meliputi Sepatu Kulit, Sandal Kulit, Jaket Kulit, Ikat Pinggang, Tas dan Dompet Kulit.

Namun sayang, di tahun 2018 ini mengalami penurunan pembeli secara drastis diikuti jumlah pengrajin produk kulit beralih profesi.

Eko pemilik toko Praktis sekaligus perajin kulit yang berlokasi di jalan Sawo, Selosari Magetan terus mengalami penurunan omset secara drastis. Saking lamanya keadaan seperti ini, dua dari delapan perajin sepatu beralih profesi.

”Jumlah perajin kulit ada 8 perajin, sudah ada dua orang yang beralih profesi, yang saya ketahui mereka beralih profesi membuka usaha khas makanan Magetan,”kata Eko kepada suarakumandang.

“Saat ini keadaan pengrajin kulit di Magetan rata- rata pertumbuhannya stagnan atau tidak ada peningkatan yang signifikan,”jelasnya.
Sebenarnya mulai dari tahun 2014 sampai 2017 mengalami peningkatan, namun pada tahun 2018 mengalami penurunan yang signifikan sekitar 35% – 45%,”kata Eko. Minggu,(22/07/2018).

Eko juga mengatakan bahwa sesungguhnya kunjungan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Namun pengunjung tidak fokus dengan kegiatan membeli produk tetapi hanya sekedar wisata dan melihat lihat produk kerajinan kulit saja.

“Sejak tahun 2017 mereka datang ke Jalan Sawo targetnya hanya wisata sambil melihat lihat potensi apa yang bisa dikembangkan di daerah masing -masing,” ungkapnya.

Masih kata Eko, alasan kedua adalah saat ini bertepatan dengan masuknya peserta didik baru yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

“Mungkin juga adanya penurunan permintaan sejumlah instansi yang sekarang sudah tidak mewajibkan pegawainya menggunakan sepatu yang seragam,”tuturnya.

“Secara tidak langsung juga mempengaruhi perekonomian secara makro, sehingga banyak orang saat ini banyak yang saving atau menahan untuk tidak membali yang sekiranya tidak penting dan kebanyakan mereka lebih mengutamakan skala prioritas,”ungkapnya.

Eko membantah jika harga sepatu di jalan Sawo Selosari Magetan terbilang mahal.”Mahal itu tidak. Mungkin bagi orang lokal iya, coba bagi mereka bisa melakukan pengecekan di daerah luar Magetan sepatu kulit khas Magetan sudah saya anggap paling murah, ketimbang di daerah lain,”tegasnya.
“Selama ini, dalam memproduksi kami memanfaatkan bahan baku yang mudah didapatkan disini, jadi harga bisa lebih murah dibandingkan daerah lain. Seperti, Dari Kota Bandung karena sulit mendapatkan bahan baku jadi harganya bisa lebih mahal,” kata Eko Lagi.

Untuk langkah kedepan pihak perajin sepatu diwajibkan untuk memasarkan produknya ke luar daerah entah dengan cara offline maupun online. Dan menggunakan media untuk promosi sentra industri sebagai alternative wisata Magetan. Jadi akan dilakukan penataan ulang, penambahan outlet pada basis -basis jalur wisata. Nuvreilla

Sumber : Suara Kumandang

PDIP Magetan Siap Bertarung Pertahankan Kursi Untuk Pemilu 2019

PARTAI Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjungan) mendaftarkan 45 bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan, pada Selasa (17/7/2018) Malam. PDIP juga menyerahkan dokumen dan data pendukung.

“Hari ini, kami mendaftarkan para bakal caleg ke KPU Kabupaten Magetan. Total, ada 45 bacaleg DPRD Magetan dari PDIP yang sudah memenuhi syarat,“ kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Magetan, Sujatno, SE.MM dalam wawancaranya dengan pers di KPU kabupaten Magetan, Jalan Kharya Dharma, Ringinagung, Magetan.

Sujatno mengatakan sesuai dengan ketentuan dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu syarat keterwakilan minimal perempuan 30% sudah terpenuhi.

Ditanya soal target PDI Perjuangan Kabupaten Magetan pada pemilu 2019, Sujatno mengatakan,”Yang terpenting kita berjuang maksimal dan siap bertarung, untuk mempertahankan Kursi PDI Perjuangan supaya tidak turun dari pemilu 2014 yaitu 8 kursi, malah-malah bisa bertambah,” ujar Sujatno.

Dia mengatakan, PDIP baru bisa mendaftar di hari terakhir karena terlebih dulu memastikan bahwa dokumen yang dibutuhkan telah lengkap seluruhnya. “Kendala tidak ada, tapi dokumen yang diperlukan memang banyak sekali mulai dari SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), surat dari pengadilan hingga ijazah sekolah,” pungkas Sujatno.

PDI Perjuangan bersama partai Nasdem, Golkar, PPP, Gerindra dan Partai Demokrat merupakan partai yang paling banyak mendaftarkan bacalegnya, yaitu 45 ke KPU Kabupaten Magetan.

Diikuti PKB 44 Bacaleg, PAN 43 Bacaleg, Hanura 37 Bacaleg, PKS 35 Bacaleg, Partai Bekarya 31 Bacaleg, Perindo 19 Bacaleg, PSI 4 Bacaleg, PBB 2 Bacaleg, serta Partai Garuda dengan 2 Bacaleg.

Sebagaimana diketahui PDI Perjuangan sebagai pemenang Pemilu 2014 di Kabupaten Magetan dengan meraih 8 kursi DPRD. Dibayangi Partai Demokrat dengan 7 kursi, Partai Golkar 5 kursi, PKB 5 kursi, PKS 5 kursi, Gerindra 4 kursi, PAN 4 kursi, Nasdem 4 kursi, PPP 2 kursi dan Hanura 1 kursi. (Gal)

Sumber: Beritatrends

Perkuat Gus Ipul-Puti, PDIP Magetan Sosialisasi Pendidikan Gratis

MENJELANG Pilkada Jawa Timur 2018, PDI Perjuangan (PDIP) dan warga Magetan terus bergerak untuk menambah suara Calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno.

“Kawan-kawan turun terus, tiada henti, menemui pemilih dari rumah ke rumah, untuk menambah suara Gus Ipul-Mbak Puti,” kata Deni Wicaksono dari Badan Pemenangan Pemilu DPP PDIP kepada wartawan, Selasa (12/6/2018).

Deni menjelaskan pergerakan sudah dilakukan sejak sebelum memasuki bulan Ramadan. PDIP mengerahkan jejaringnya di Magetan untuk memenangkan Pilkada 2018. Kebetulan, di Pilkada Magetan, PDIP juga mengusung calon nomor 2, yaitu Calon Bupati KH Mirathul Mukminin (Gus Amik) dan Calon Wakil Bupati Joko Suyono.

“Dengan menggerakkan semua potensi, kami yakin akan memenangkan Pilkada Jawa Timur dan Magetan. Kami kompak, solid dan terus bergerak,” tegas Deni.

Plt Ketua DPC PDIP Magetan, Bambang Yuwono juga meminta kepada seluruh jajaran partainya agar memanfaatkan mudik lebaran Idul Fitri 1439 H untuk sosialisasi kedua paslon, baik Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno maupun Gus Amik-Joko Suyono.

“Di saat saling bertemu sanak-saudara, teman dan handai-taulan, perlu saling mengingatkan untuk mencoblos nomor 2 di Pilkada Jawa Timur dan Magetan,” pesan Logos, panggilan akrab Bambang Yuwono.

Anggota Fraksi PDIP DPRD Jawa Timur dari Dapil Magetan dan sekitarnya itu mengungkapkan, strategi komunikasi yang mereka pergunakan adalah sosialisasi pendidikan gratis untuk SMA/SMK Negeri.

“Juga pendidikan gratis untuk siswa-siswa miskin di sekolah-sekolah swasta dan madrasah. Seluruh warga Magetan harus tahu terobosan kebijakan dari Gus Ipul-Mbak Puti,” tambahnya.

Ketua DPRD Magetan, Karmini juga memperkuat gerakan pemenangan itu dengan melipatgandakan dukungan semua jejaring konstituen dan anggota Fraksi PDIP di DPRD Magetan.

“Semua anggota Fraksi PDIP bertugas untuk mengamankan setiap dusun, desa, kecamatan di semua daerah pemilihan di Magetan. Insya Allah kita bisa menang,” tandasnya.
(lll/lll)

Sumber: Detik

Hasto Minta Kader PDIP Ketuk Seluruh Pintu Rakyat Magetan

MESIN politik PDI Perjuangan terus dipanasi menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Propinsi Jawa Timur dan Kabupaten Magetan.

Bahkan, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, turun gunung langsung untuk memompa semangat kader militan PDI Perjuangan, agar mampu menumpuk suara pada 27 Juni mendatang.

” Kita harus samakan visi, berjuang untuk PDI Perjuangan untuk memenangkan Pilkada 27 Juni mendatang, mulai dari Pilgub Jawa Timur hingga Pilbup Magetan,” kata Hasto Kristiyanto, Jumat ( 27/4).

Hasto meminta, sebanyak 1.296 kader PDI Perjuangan yang telah terpilih sebagai saksi di Tempat Pemungutan Suara (TPS), dapat menjaga amanah dari DPP, DPD dan DPC PDI Perjuangan. ” Amanah DPP, DPD hingga DPC bertumpu dipundak semua saudaraku, kawal suara- suara saudara kita baik di Pilgub dan Pilbup,”  tegas Sekjen DPP PDI Perjuangan.

Hasto berharap, seluruh mesin politik PDI Perjuangan dapat bergerak ke seluruh pintu – pintu rakyat Kabupaten Magetan untuk meminta dukungan bagi Paslon yang diusung PDI Perjuangan baik Pilkada Propinsi Jawa Timur maupun Pilkada Magetan. ” Ketuk semua pintu saudara- saudara kita, ajak mereka bergabung, berikan pemahaman kepada rakyat Magetan siapa saudara kita yang saat ini berjuang bersama PDI Perjuangan,” pungkasnya.

Norik – Bagaskarafm Magetan