Tag Archives: pileg 2019

PDIP Optimis Raih 13 Kursi

Rakorcab Bahas Pemenangan Pilpres

Pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) sudah di depan mata. DPC PDIP Kabupaten Magetan pun tancap gas memanaskan mesin politiknya. Tidak tanggung-tanggung, partai benteng moncong putih itu menargetkan mampu meraih 13 kursi di gedung dewan. “Target kami bisa meraih minimal 13 kursi”, kata Ketua DPC PDIP Kabupaten Magetan Sujatno usai mengikuti rapat koordinasi cabang (rakorcab), Sabtu lalu (6/10). Target kursi PDIP ini jelas lebih banyak dibandingkan pileg lalu.

Sujatno menuturkan, 2014 lalu PDIP Magetan hanya mampu meraih delapan kursi. Pihaknya pun berharap torehan lima tahun lalu bisa diperbaiki dan menjadi 13 kursi. ” Kami optimis bisa tercapai target. Semua dapil menjadi ungggulan karena diisi kader-kader berpengalaman”, ujarnya.

Tingginya target bukan tanpa perhitungan matang. Sujatno mengulik sejarah perolehan kursi PDIP di Magetan pada periode-periode sebelumnya. Menurutnya, PDIP pernah meraih 21 kursi atau hampir separo dari jumlah wakil rakyat di gedung DPRD. Melihat sejarah tersebut, 13 kursi bukan hal yang mustahil, apalagi Magetan kantongnya loyalis PDIP.” Kalau PDIP punya 13 kursi, pastinya bisa memberangkatkan pasangan calon bupati dan wakil bupati pada pemilihan kepada daerah 2023 mendatang”, tuturnya.

Karena Magetan merupakan basis PDIP, Sujatno pun optimis menggaet suara warga. Setiap kader diakuinya sudah memiliki strategi dalam peningkatan perolehan suara. Utamanya dalam mendekatkan diri kepada masyarakat. “Kami ingin menekankan, PDIP ini untuk rakyat, untuk kesejahteraan rakyat”, tegasnya.

Dalam Pileg 2019 mendatang, PDIP Kabupaten Magetan memenuhi kuota 100 persen sebanyak 45 caleg. Semua caleg tersebut dinyatakan terverifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Magetan dan telah menjadi daftar calon tetap (DCT). Dapil I diperebutkan oleh delapan caleg, dapil II (11 caleg), dapil III (8 caleg), dapil IV (8 caleg), dan dapil V (10 caleg). ” Semuanya harus unggul”, tekannya.

Tak hanya pemantapan dan persiapan pemenangan Pileg 2019, rakorcab itu juga untuk membahas Pilpres 2019. Sudah ada tim kampanye daerah untuk menangani pilpres yang mengusung pasangan Joko Widodo-Ma’aruf Amin tersebut. Optimisme kemenangan juga digenggam Sujatno dalam pilpres tersebut. “Pileg dan pilpres milik PDIP”, tegasnya.

Sumber: RADAR MAGETAN

PDIP Magetan Siap Bertarung Pertahankan Kursi Untuk Pemilu 2019

PARTAI Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjungan) mendaftarkan 45 bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan, pada Selasa (17/7/2018) Malam. PDIP juga menyerahkan dokumen dan data pendukung.

“Hari ini, kami mendaftarkan para bakal caleg ke KPU Kabupaten Magetan. Total, ada 45 bacaleg DPRD Magetan dari PDIP yang sudah memenuhi syarat,“ kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Magetan, Sujatno, SE.MM dalam wawancaranya dengan pers di KPU kabupaten Magetan, Jalan Kharya Dharma, Ringinagung, Magetan.

Sujatno mengatakan sesuai dengan ketentuan dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu syarat keterwakilan minimal perempuan 30% sudah terpenuhi.

Ditanya soal target PDI Perjuangan Kabupaten Magetan pada pemilu 2019, Sujatno mengatakan,”Yang terpenting kita berjuang maksimal dan siap bertarung, untuk mempertahankan Kursi PDI Perjuangan supaya tidak turun dari pemilu 2014 yaitu 8 kursi, malah-malah bisa bertambah,” ujar Sujatno.

Dia mengatakan, PDIP baru bisa mendaftar di hari terakhir karena terlebih dulu memastikan bahwa dokumen yang dibutuhkan telah lengkap seluruhnya. “Kendala tidak ada, tapi dokumen yang diperlukan memang banyak sekali mulai dari SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), surat dari pengadilan hingga ijazah sekolah,” pungkas Sujatno.

PDI Perjuangan bersama partai Nasdem, Golkar, PPP, Gerindra dan Partai Demokrat merupakan partai yang paling banyak mendaftarkan bacalegnya, yaitu 45 ke KPU Kabupaten Magetan.

Diikuti PKB 44 Bacaleg, PAN 43 Bacaleg, Hanura 37 Bacaleg, PKS 35 Bacaleg, Partai Bekarya 31 Bacaleg, Perindo 19 Bacaleg, PSI 4 Bacaleg, PBB 2 Bacaleg, serta Partai Garuda dengan 2 Bacaleg.

Sebagaimana diketahui PDI Perjuangan sebagai pemenang Pemilu 2014 di Kabupaten Magetan dengan meraih 8 kursi DPRD. Dibayangi Partai Demokrat dengan 7 kursi, Partai Golkar 5 kursi, PKB 5 kursi, PKS 5 kursi, Gerindra 4 kursi, PAN 4 kursi, Nasdem 4 kursi, PPP 2 kursi dan Hanura 1 kursi. (Gal)

Sumber: Beritatrends

Pileg 2019, PDI Perjuangan Magetan Bidik 15 Kursi

Dari 45 kursi di Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magetan pada pemilihan umum legistatif (Pileg) 2019 PDI Perjuangan membidik 15 kursi di DPRD.

“Kami akan bangkit dan mencapai hasil terbaik, tapi hal ini perlu ada kerjakeras dari semua kader PDI Perjuangan di Magetan,”ujar Joko Suyono Ketua DPC PDI Perjuangan kabupaten Magetan.

Dijelaskan pula, dalam pemilihan tahun lalu, PDI Perjuangan dirugikan dengan sistem perhitungan suara pemilu sehingga hanya mendapatkan 8 kursi di DPRD Magetan.

“Waktu itu , ada banyak sisa suara caleg yang mendulang suara besar, tapi tidak mampu menambah suara kursi diparlemen, sebaliknya banyak caleg parpol lain yang memperoleh suara lebih kecil justru melenggang “Ya sesuai Informasinya ini sudah ada perubahan sistem terbaru ,PDIP punya 10 kursi ,bukan delapan ” ungkapnya.

Target utama diera kepemimpinannya menjabat sebagai ketua DPC PDI Perjuangan Magetan Joko Suyono yang dikenal dengan sebutan JKS ini mempunyai tugas yang cukup berat untuk memperbaiki hasil Pileg sebelumnya.”PDI Perjuangan Magetan tidak muluk-muluk, target realitas yakni 15 kursi di DPRD,”tegas Joko Suyono calon  wakil bupati Magetan periode 2018-2023.

Dalam hal verivikasi yang dilakukan KPU Magetan Joko Suyono optimistis partai PDI Perjuangan lolos selasa (30/01/2018) lalu. Sebab PDI Perjuangan Magetan sudah memenuhi unsur keterwakilan perempuan.”Seperti yang kami ketahui ada 36 persen dari syarat minimal 30 persen pengurus DPCPDI Perjuangan, sedangkan anggota mencapai 10 persen dari syarat minimal 5 persen,”ucap Joko Suyono.

Selain itu Joko Suyono juga menyakini  dan optimistis usulan perubahan daerah pemilihan (dapil) Pileg 2019 disetujui .PDI Perjuangan secara resmi mengusulkan tujuh dari sebelumnya lima dampil .” Kalau disetujui tujuh akan ada banyak pergeseran , dari yang sekarang rata-rata empat kecamatan jadi dua sampai tiga kecamatan, ” Pungkasnya.Ridho.

Sumber: Suara Kumandang