Tag Archives: pilkada magetan

Ada 14 Orang Berebut Rekom PDIP Magetan

SEBANYAK 14 orang berebut rekom PDIP untuk bisa lolos menjadi Bakal Calon Bupati atau Wakil Bupati Magetan, periode 2018-2023. Penjaringan bakal calon pimpinan daerah tersebut dilakukan selama 10 hari sejak tanggal 1 Juni 2017 lalu.

Di akhir waktu penjaringan bakal Calon Bupati atau Wakil Bupati Magetan periode 2018-2023, Kantor DPC PDIP Kabupaten Magetan, masih dipadati warga yang mengambil formulir pendaftaran Bakal Calon Bupati maupun Wakil Bupati.

Selama 10 hari penjaringan yang dilakukan oleh PDIP sejak tanggal 1 Juni 2017 kemarin, sudah ada 14 orang yang mendaftar atau mengambil formulir.  Dari 14 orang, 8 di antaranya, mendaftar sebagai Bakal Calon Bupati. Sedangkan sisanya, 6 orang, mendaftar sebagai Bakal Calon Wakil Bupati.

Menurut Windoe Soeparwi Ketua Panitia Pendaftaran, mereka akan mengambil formulir dengan membayar administrasi sebesar Rp 5 juta untuk Bacalon Bupati, dan Rp 2,5 juta untuk Bacalon Wakil Bupati. Sedianya penutupan pendaftaran dilakukan pada tanggal 10 Juni 2017 pukul 14.00 Wib. Akan tetapi panitia sempat memberi kelonggaran waktu selama 1 jam, hingga pukul 13.00 Wib, dengan alasan memberi waktu bagi yang belum.

Para calon yang mengambil formulir Bacalon Bupati atau Wakil Bupati, diharuskan mengembalikan formulir maksimal pada tanggal 12 Juni 2017. Selanjutnya berkas tersebut akan diserahkan ke DPD Jawa Timur. (pul)

Pendaftar Bacalon Bupati Magetan
1.       Samsi (Wakil Bupati)
2.       Sujatno (Pengusaha)
3.       Purbo Jati (Dosen)
4.       Joko Suyono (Ketua DPRD Magetan)
5.       Gus amik (Pemilik PSM)
6.       Suprawoto (Mantan Sekjen Kemenkominfo)
7.       Sunardi (Ketua Perindo)
8.       Niken Larasati (Anggota DPRD Kendal)

Bacalon Wakil Bupati Magetan
1.       Rita Hariyati (Pengurus PDIP Magetan)
2.       Hari Siswanto (Anggota DPRD Magetan)
3.       Eka (Kades Gebyok)
4.       Harun (Pensiunan BNPB)
5.       Sofyan (Mantan Dirut PDAM)
6.       Suyono Wiling (Anggota DPRD Magetan)

Pilkada Magetan Digelar Hari Ini

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Demokrat bersaing dalam Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Magetan yang digelar hari ini, Rabu, 24 April 2013. PDI Perjuangan yang berkoalisi dengan Partai Golkar mengusung pasangan nomor urut 1  inkumben Bupati dan Wakil Bupati Magetan, Sumantri-Samsi (SMS). Samsi adalah Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Magetan.

Sedangkan Partai Demokrat yang berkoalisi dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Patriot mengusung pasangan nomor urut 3 Djoko Prabowo-Hartoto (Djowo Toto). Djoko adalah pria kelahiran Magetan yang merupakan purnawirawan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) dengan pangkat terakhir kolonel. Terakhir Djoko ditempatkan di Direktorat Fasilitas dan Jasa Direktorat Jendral Kekuatan Pertahanan Kementerian Pertahanan dan Keamanan. Sedangkan Hartoto adalah Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Magetan.

Sementara itu, pasangan calon yang juga bisa jadi “kuda hitam” adalah pasangan nomor urut 2 Nanik Karsini-Sugiho Pramono (NasPro) yang berangkat dari jalur perseorangan atau independen. Nanik adalah wanita kelahiran Magetan dan terakhir kali menjadi pegawai negeri sipi (PNS) di Sekretariat Jenderal Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat. Sedangkan Sugiho adalah pria kelahiran Magetan yang juga purnawirawan TNI Angkatan Udara (AU) dan pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ngawi periode 1999-2004.

Hari ini sebanyak 553.724 warga Magetan yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Magetan memilih pemimpin Magetan untuk masa lima tahun mendatang. Para pemilih ini tersebar di 1.381 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di 19 kecamatan dan 208 desa serta 27 kelurahan.

Sumantri optimistis bakal memenangi kembali Pilkada Magetan dengan satu putaran. “Targetnya menang satu kali putaran,” ujar Sumantri. Optimisme yang sama dikatakan Nanik. “Kami yakin menang dengan perolehan suara hingga 60 persen,” katanya. Djoko juga optimistis akan memenangi Pilkada Magetan. “Kami siap segalanya. Konsolidasi sudah matang dan siap berlaga untuk memenangkan Pilkada Magetan,” ujar Djoko.

Berdasarkan survei yang dilakukan DPC PDIP Kabupaten Magetan dan Pusat Riset Rekode (PRR) Jakarta pada 1.500 responden, pasangan SMS unggul telak dengan perolehan suara 51,7 persen. Disusul pasangan NasPro 14,3 persen dan pasangan Djowo-Toto 5,8 persen. Sedangkan 28,2 persen memilih golput.

Sumber: TEMPO.CO